Pages

Manusia Dan Keindahan

Indonesia memiliki banyak gedung gereja tua yang dipergunakan oleh berbagai denominasi gereja dan yang dibangun dengan berbagai jenis arsitektur. Salah satunya adalah Gereja Katedral. Kita akan membahas salah satu gereja sebagai tempat peribadatan umat agama Kristen Katholik yaitu Gerja Katedral yang terdapat di negara Indonesia.

Gereja Katedral Jakarta (nama resmi: Santa Maria Pelindung Diangkat Ke Surga, De Kerk van Onze Lieve Vrouwe ten Hemelopneming) adalah sebuah gereja di Jakarta. Gedung gereja ini diresmikan pada 1901 dan dibangun dengan arsitektur neo-gotik dari Eropa, yakni arsitektur yang sangat lazim digunakan untuk membangun gedung gereja beberapa abad yang lalu.

Gereja ini dilindungi hukum dan merupakan cagar budaya dan penanda penting dalam tatanan Kota Jakarta. Tidaklah heran gedung Gereja Katedral ini memiliki karismanya tersendiri, dan merupakan simbol yang tidak dapat dipisahkan dari kerukunan antar-agama. Gedung Katedral dilabur putih dan merupakan penanda (landmark) megah di Weltevreden, Jakarta.


Ditengah berdirinya gedung-gedung yang indah nan megah, masih ada orang-orang di sekelilingnya yang hidupnya pas-pas an, malahan sampai saat ini masih ada yang hidupnya kekurangan, dengan rumah kumuh, terlebih lagi masih ada yang masih tinggal di bawah kolong jembatan. Sungguh menyedihkan…

Manusia dan keindahan memang tak bisa dipisahkan sehingga diperlukan pelestarian bentuk keindahan lingkungan yang dituangkan dalam berbagai bentuk keadilan (pemerintah pun harusnya ikut berperan) yang nantinya menjadi bagian dari keindahan kota yang lingkungan yang tertata rapid an bersih.

Inspired by :

http://tarihoran.wordpress.com/2010/05/02/manusia-dan-keindahan-analisis-gereja-katedral/

http://id.wikipedia.org/wiki/Gereja_Katedral_Jakarta

http://anthoine.multiply.com/journal/item/181/Manusia_dan_Keindahan


0 Response to "Manusia Dan Keindahan"

Posting Komentar